Senin, 12 November 2012

SENI MEMADUKAN RASA DAN LOGIKA

Salatiga, 13 November 2012 pukul 14.45 WIB

Reflleksi sejenak untuk merilekkan hati dan pikiran.....

Pernah gak dengar kata rasa, perasaan?
Mungkin benar, perasaan kita itu Allah yang pegang,
Allah yang membuat kita tertawa dan menangis..
Allah yang menggenggam jiwa, membolak-balikkannya..
Bisa saja.....di pagi hari kita bahagia, sore harinya merasa sedih tak beralasan. malam harinya terharu dalam tangisan dan esok paginya seolah tak terjadi apa-apa....

Ketika rasa berpadu dengan logika, pasti akan tercipta kreativitas yang imajinatif. Kalau boleh memberikan contoh nyata, upacara peringatan hari Pahlawan 10 November 2012 di SMKN 1 Salatiga beberapa hari yang lalu adalah salah satu bentuk kreativitas hasil perpaduan rasa dan logika tingkat seniman sekelas bu Uci, pak Dedi, Bu Dini dan Mbak Uco Ba-ba yang keren.... Mau lihat sekeren apa hasil kreativitas mereka.... Oke, ini dia......




Kalo biasanya upacara bendera selalu identik dengan kegiatan protokoler, pd upacara bendera hari pahlawan 2012 yang lalu.... semua berpadu. Dari suasana protokoler, hikmat, decak kekaguman, gembira sampai suasana haru ada di sana. Meminjam istilah teman saya, yang selalu menghadirkan insprirasi bagi saya, katanya sih paduannya seperti PELANGI.... indah dan berwarna-warni....Yang perlu menjadi catatan, sebelum jam 07.00 siswa-siswa sudah berjejer rapi menyiapkan diri di lapangan upacara, tidak perlu diatur lagi..... Artinya sesuatu yang berbeda selalu memiliki dampak yang luar biasa. Tidak perlu tekanan atau perintah tegas untuk membuat siswa berangkat sekolah lebih awal, ternyata sesuatu yang berbeda bisa menggerakkan seseorang untuk berubah.... Makna lebih dalam lagi, sesuatu yang berbeda, yang menarik bisa mengubah kebiasaan seseorang atas dasar keikhlasan tanpa paksaan atau tekanan dari pihak lain.....

Menarik juga, mengubah perilaku seseorang dengan something different/ something interesting... Lain kali boleh deh topik ini kita kupas lebih banyak lagi. Masalahnya sekarang saya lagi gak ingin terlalu jauh membahas topik ini....Kali ini saya lagi pengin mengeksplore lebih jauh tentang seni memadukan rasa dan logika....

Cerita sedikit nih tentang pengalaman pribadi.... Saya merasa saya bukan orang hebat apalagi sempurna... Pencapaian yang saya peroleh sampai saat ini tentu ada sejarah dan lika-likunya..... Selalu saya tanamkan kepada siswa-siswa akuntansi, "kalian itu adalah anak-anak pandai dan punya banyak talenta... Kalau kalian ingin unggul dari yang lain,  jangan jadi yang biasa-biasa saja, jadilah yang berbeda,jdlh anak yang luar biasa...." . Cari inspirasi yang mampu membangkitkan motivasi diri untuk terus berprestasi....

Sudah pasti, setiap orang punya cara sendiri untuk mencari kekuatan dan inspirasi yang membangkitkan dirinya.... Kalo dipas-paskan dengan lagu, ada lagu yang cukup mewakili apa yang ingin saya sampaikan... kira-kira liriknya seperti ini :
Dan bila aku disini, tegar sampai hari ini....
Bukan karena ku... akan hebatku
Semua karena cinta,
Tak dapat  diriku bisa berdiri tegar...
Terimakasih Cinta

He3x... tahu lagunya siapa gak???? betul lagunya Joy Tobing mantan pemenang Indonesia Idol. Jadi pengin cerita nih  pengalaman yang baru saja saya alami sewaktu ikut Lomba KTI Inovasi pembelajaran guru.... Logika saya dan juga hitungan di atas kertas rasanya gak mungkin saya bisa menembus 10 besar... Waktu itu masuk final 30 besar dah bagus, mengingat pesertanya wooow gitu. But perasaan saya ingin memberikan yang terbaik, ingin berusaha maksimal dan jiwa fighting saya muncul.... Ditambah lagi dengan suggesti positif dan support luar biasa dari seseorang, akhirnya sampai pada keputusan saya harus all out. Gak peduli siapa lawan saya, saya harus bertanding..... Dan akhirnya kolaborasipun dimulai, mempersiapkan segala sesuatu dengan segala daya dan upaya.... Hasilnya seperti lompatan dewa... dari peringkat 28 menjadi peringkat 8.... Bersama kita bisa... Terimakasih untuk bantuan, dukungan, motivasi dan doanya...... Tahun depan insylh berani target 5 besar deh, doakan dan dukung aku ya.....

Ide yang kutulis dalam lomba KTI kemarin sebenarnya masih merupakan bagian cinta dan dedikasi saya untuk anak-anak akuntansi.... bisa juga dikatakan bagian kecil perjalanan hidup saya.... Hidup memang gak selamanya mulus, apa yang kita inginkan tidak harus jadi kenyataan.... tapi kita boleh bermimpi.... karena mimpi adalah salah satu sumber motivas. Seperti roda-roda kehidupan, terkadang naik terkadang turun.... dan saya sangat menyukai kejutan2x.... Itu alasan mengapa saya memilih game ular tangga sebagi sarana belajar siswa... Semakin banyak rintangannya, semakin saya penasaran untuk menaklukkannya, semakin sulit semakin asik...... Ibarat kata, game ini menantang, gak bisa ditaklukkan dengan logika semata... Bisa jadi kamu mempunyai kemampuan untuk menguasai permainan tapi belum tentu kamu jadi juaranya. Atau hanya dengan main rasa saja tanpa strategi cantik untuk bermain... sama saja, anda bisa terpuruk . Disinilah seninya bermain game ular tangga... Tentu saja game ini sudah saya adopsi dengan materi yang saya ajarkan dan juga strategi lain yang relevan dengan pelajaran komunikasi bisnis yang saya ampu.... Berikut ini beberapa bentuk komunikasi visual buatan siswa akuntansi dalam bentuk papan game ular tangga....

Ular Tangga 1

 Ular Tangga 2
Ular Tangga 3
Ular Tangga 4
Ular Tangga 5

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bu nininggggg ... makasih ya ulasannya. tp koreksi dikit .. kami belum menjadi seniman berkelas .. wkwkwkkkk hanya saja ada keinginan untuk menyajikan hal yang berbeda untuk semua. nantikan juga upacara hari guru 26 november nanti yaaaaaa
Ucik anggarani