Sabtu, 06 Oktober 2012

Memaknai Kekalahan dan Kegagalan

Memaknai Kekalahan dan Kegagalan......

Teringat betul hari itu Selasa, 2 Oktober 2012 wajah kalian yang biasanya cerah seperti ini
tiba-tiba terdiam... Dalam perjalanan menuju masjid UNNES Semarang, terlontar juga pertanyaan : "Gimana rasanya kalah nak?".... he2x, ternyata kalah itu gak enak, ternyata kalah itu menyakitkan ya bu...rasanya gimanaaaa gitu.

Bu NN maklum nak, makluuuuum sekali. Selama ini tim kalian adalah tim yang sangat tangguh, tim yang belum pernah kalah dalam setiap kejuaraan yang kalian ikuti. Minimal ada 1 piala yang dibawa pulang untuk kalian persembahkan kepada SMK kita tercinta, SMK Negeri 1 Salatiga. Tapi pada episode kali ini, dalam Olimpiade Akuntansi yang diselenggarakan oleh UNNES tahun 2012, tim kita terlempar jauh. Bahkan semi finalpun kita tidak lolos.

Tapi sadarkah kau nak, bahwa begitu banyak hikmah dan pelajaran yang kita ambil dari kekalahan kita kali ini... Yang pasti kekalahan ini membuat kita lebih bersyukur, bahwa betapa luar biasanya nikmat Allah yang diberikan kepada kita berupa kemenangan2x sebelumnya.......

Mungkin setiap manusia di dunia ini kebanyakan memilih kemenangan daripada kekalahan. Tak bisa dipungkiri, bahwa kemenangan itu menggembirakan. Tapi inilah hidup yang berputar seperti Roda, terkadang kita ada di posisi bawah saat kita mengalami Kekalahan/Kegagalan, terkadang juga kita berada di posisi puncak saat kita meraih Kemenangan/Keberhasilan. Dan semua itu harus kita syukuri dan kita sikapi secara positif.

Saat kita mendapatkan Kemenangan/Keberhasilan, hendaklah senantiasa bersyukur atas kemenangan yang didapat dan berusaha pertahankan kemenangan itu. Sebaliknya, apabila kita mendapatkan sebuah Kekalahan/Kegagalan, janganlah terlalu larut dalam kesedihan, sepatutnya juga kita untuk bersyukur, mungkin ini adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan dan cara untuk mengurangi kesombongan hati.

Hidup itu perjalanan sayang.... adakalanya lurus, berkelok-kelok, ketemu sama kerikil-kerikil tajam yang membuat pedih kaki kita dan tiba2x bertemu dengan indahnya pelangi.... kadang apa yang kita harapkan tak seindah dengan kenyataan dan kadang juga kenyataan itu lebih indah dari apa yang kita bayangkan...

Jadi ingat kata-kata seorang teman dekat, positif suggesty itu mampu  memberikan dampak yang positif pula bagi kita. So, mari kita berfikir positif......... Membangun kembali semangat dan jiwa-jiwa fighting kita.  

Berikanlah makna pada setiap kekalahan, dan transformasikan menjadi sesuatu yang lebih berharga. Pertumbuhan kepribadian kita seharusnya adalah proses merespon setiap masalah, kesulitan, kekalahan dan perubahan secara positif. Evaluasi kekalahan yang kita terima, kemudian lakukan perubahan melalui cara-cara yang lebih baik untuk meraih kemenangan. Persiapkan diri anda menghadapi masa depan yang lebih berarti.... menghadapi kompetisi-kompetisi yang akan datang.... Ayo Bangkit kembali, Semangat.!

Kelihatannya cukup apa yang ingin bu NN tulis... setelah beberapa hari ini coolling down, memulihkan semangat dan kecapaian dari rentetan panjang pembimbingan lomba. Semangat Lagi.... Siap bertarung lagi anak-anak Akuntansi.!!!


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalah itu biasa.... Tetap semangat adik-adikku !!!!!!

as_zeunes mengatakan...

iiyaa...
Tetep semngad... Siapkan diri kalian jadi pemenang...
Kakak'' alumni slalu mendoakan klian jdi yg terbaik..