Senin, 08 Oktober 2012

Mengelola Energi "CREATIVE IMAGINATION" Menjadi SOMETHING SPECIAL

Sore yang mendung, 8 Oktober 2012

Mengelola Energy Creative Imagination" menjadi Something Special dalam KBM Jurusan Akuntansi

Saat saya menulis tulisan ini, saya akui, walau berkecamuk pikiran saya belum bisa lepas dari kata " Creative Imagination". Entah mengapa kata-kata itu sering ada dalam hati dan pikiran saya. Begitu berkesannya kata-kata tersebut sehingga kata-kata itu sering bermain-main dalam lamunan saya, kadang bisa membuat insprirasi dan kadang membuat saya termenung sejenak.... Entahlah... Kadang "Creative Imagination" bisa menghasilkan sebuah karya yang luar biasa, tapi kadang juga bisa menjadi fantasi alias hayalan tingkat tinggi belaka... Seandainya disuruh menulis makna kata  "Creative Imagination" , mungkin saya akan menulisnya dalam ratusan bahkan ribuan kalimat yang indah.... yang mengalir begitu saja dari irama keyboard laptop yang saya ketukkan.... so sweet...
 
Berawal dari keinginan "Ingin Tampil Beda" dan memberikan sesuatu yang bermakna dalam setiap pertemuan... ( Maksudnya pertemuan dalam KBM di kelas Akuntansi Coy....). Imajinasi saya mulai bermain, membayangkan anak-anak akuntansi yang lucu-lucu, lugu-lugu...." Bagaimana supaya setiap petemuan saya dengan anak akuntansi menjadi bermakna?" Saya sadar, bahwa anak didik saya Insyaallah bukan anak biasa-biasa saja. Anak akuntansi adalah anak yang luar biasa sehingga saya harus pandai memanajemen kelas yang pada akhirnya pelajaran betul-betul menjadi bermakna. Istilah kerennya sih "Pembelajaran Kontekstual". Ya bermakna pelajarannya, siswanya, suasananya dan yang pasti bermakna gurunya.

Meminjam Syair Lagu Once yang kurang lebih lagunya seperti ini : "Aku ingin menjadi mimpi indah dalam tidurmu, aku ingin menjadi sesuatu yang mungkin bisa kaurindu......
Nah lo, kok jadi melankolis gitu ya. Jelasnya, saya ingin menjadi "SESUATU" untuk siswa-siswa saya. Sesuatu Banget..... Menjadi sesuatu yang so sweet untuk dilupakan..... Terlalu Maniez untuk dilupakan.

Ready to Action...
Mulai mengatur strategi di kelas X Akuntansi 2. dalam 1 kelas dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok harus hunting ke beberapa sentra usaha/ bisnis untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang usaha/ bisnis tersebut. Sebenarnya sih maksud dan tujuan memberikan tugas ini supaya siswa mampu menerapkan teknik-teknik komunikasi dalam dunia usaha sesungguhnya. Indikator keberhasilan yang saya jadikan acuan adalah ketika siswa bisa mencari informasi dengan efisien dan hasil yang valid. Hasil hunting tersebut akan dituangkan dalam bentuk laporan berupa lembar permainan "monopoli". Monopoli buatan anak ini merupakaan bentuk komunikasi visual. Kelompok yang hunting tentang Bank harus membuat monopoli yang temanya juga tentang bank dimana gambar-gambar yang ada dalam monopoli tersebut merupakan hasil dokumentasi di lapangan.

Dan ini adalah hasil Monopoli Made In anak-anak Kelas X Akuntansi 2 :

Monopoli 1

Monopoli 2

 Monopoli 3

Monopoli 4

Monopoli 5
Monopoli 6
Monopoli 7

Mau pilih yang mana???? Cantik bukan??????
Karya kalian membuktikan bahwa kalian, anak-anak akuntansi sungguh luar biasa........

Pastinya pertanyaan-pertanyaan yang ada di Kartu Kesempatan dan Dana Umum adalah materi seputar Komunikasi Bisnis yang merupakan pelajaran yang saya ampu.

Kalo yang ini adalah suasana KBM di Kelas X Akuntansi 2 ketika anak-anak memainkan Game Monopoli...


Seru bukan...... suasana kelas sumringah, heboh dengan suara gembira siswa-siswa....

Saya ( dan pelajaran saya tentunya ) memang ingin selalu dan selalu menjadi Something Special untuk anak-anak akuntansi. Bukan untuk apa-apa, pengin saja kehadiran saya dalam setiap pertemuan bisa memberikan manfaat untuk anak-anak.... memberikan inspirasi bagi mereka bahwa KBM bisa kita nikmati dengan maniez..... bahwa hidup menjadi indah ketika kita mampu menjadikannya Indah pula dengan mengelola "Creative Imagination" menjadi "Something Special"...

Spesial untuk Brian Kelas X Akuntansi 2, Bu Nining sudah menepati janji dengan meng-upload foto monopoli kalian ya........ Pastinya gak begitu diupload begitu saja, tapi ditambah dengan cerita indah tentang kita, tentang bu NN dan X Akuntansi 2.

Demikian ceritaku hari ini, apa ceritamu hari ini??????



3 komentar:

Anonim mengatakan...

Sip, Tak tiru, tak terapke di kelasku yo jeng.( Dewi )

Unknown mengatakan...

bener2 creative imagination...

kegalauan yang bisa ditransformasikan menjadi sesuatu yang mempunyai nilai lebih...salut

Anonim mengatakan...

So sweet bu NN..... Misiing U