Senin, 23 September 2019

KI ke PT Gunung Subur Sejahtera


Kunjungan Industri ke PT. Gunung Subur Sejahtera
By Ana Alfia

Pada tanggal 18 september 2019, kami rombongan anak akuntansi kelas 11 SMK Negeri 1 Salatiga melakukan kunjungan industri ke PT.Gunung Subur Sejahtera. Rombongan kami menggunakan 2 bus, yaitu 1 bus dari Mata Trans dan 1 bus kecil. Perjalanan dari Salatiga menuju ke perusahaan ini sekitar satu jam setengah, selama perjalanan menuju ke Solo ini kami gunakan untuk bernyanyi-nyanyi dan bercanda ria.



PROFIL PERUSAHAAN : PT.Gunung Subur ini adalah perusahaan teh dan kopi yang inovatif dan berorientasi global, yang terletak di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1951. Perusahaan ini menerapkan komitmen Standar SNI, Standar Keamanan Pangan HACCP, Standar Manajemen Mutu ISO 9001-2015 untuk kualitas yang tinggi dan produk yang aman, sehingga perusahaan ini memperoleh berbagai macam penghargaan. Selain itu, sertifikat halal PT.Gunung Subur Sejahtera membuktikan bahwa bahan yang digunakan, fasilitas yang diproduksi, proses produksi dan sistem jaminan halal telah memenuhi persyaratan Halal LPPOMMUI.
Dilakukannya kunjungan industri ini adalah untuk memperkenalkan siswa ke dunia kerja yang sebenarnya. Disana , kami dituntut untuk lebih aktif dalam menggali suatu informasi untuk mendapat tambahan pengetahuan dari perusahaan ini. Selain itu, kunjungan industri dilakukan untuk memberikan gambaran kepada sisw tentang industri dan proses produksi dan managemen.




Pihak dari PT.Gunung Subur sangat antusias dengan kedatangan kami. Mereka melayani dan menyampaikan penjelasan dengan baik dan ramah. Disini kita diberikan penjelasan secara detail mengenai produk-produk berkualitas yang dihasilkan oleh perusahaan ini, mulai dari jenis-jenis teh yang diproduksi, kandungannya, manfaat dari teh, dan alur pembuatan teh tersebut. Jenis teh yang diproduksi disini adalah teh hijau, teh merah, teh melati, teh ginger, teh kopi dan masih banyak varian rasa lainnya. Disana kita juga diberikan testie berupa teh yang baru diproduksi untuk mengetahui varian rasa dari teh-teh tersebut. Ada yang rasanya manis, tawar bahkan pahit seperti jamu. Walaupun perusahaan ini merupakan perusahaan yang memproduksi teh, namun perusahaan ini tidak memiliki kebun teh sendiri, jadi mereka mencari pemasok teh yang berkualitas untuk dijadikan sebagai relasi bisnisnya. Dalam persaingan yang ketat, teh hijau produksi PT.Gunung Subur berhasil menjadi market leader teh hijau di indonesia dengan orientasi lokal dan export. Teh yang diproduksi disini mengandung polifenol/catechin untuk menurunkan kadar kolesterol, flavonoid untuk melancarkan peredaran darah, flouride untuk membuat gigi menjadi kuat dan kaya akan vitamin C,E dan A.
Setelah mendengar penjelasan dari pihak PT.Gunung Subur Sejahtera , kita dipersilahkan untuk menanyakan apa saja seputar perusahaan tersebut. Ada yang mempertanyakan strategi perusahaan dalam bersaing dengan perusahaan teh lainnya, ada yang bertanya bagaimana strategi pemasaran yang telah dilakukan , dan masih banyak lagi. Namun, untuk pertanyaan seputar kelola keuangan, itu merupakan rahasia perusahaan.


Selanjutnya, rombongan kami diajak untuk berkeliling perusahaannya. Kami diajak melihat ruang-ruang tertentu. Kami juga melihat bagaimana cara mereka membungkus teh-teh tersebut. Disana ruangannya sangat bersih, pekerjaan mereka juga baik dan cepat. Setelah berkeliling, kami juga dipersilahkan untuk mencoba membungkus teh hijau, dan hasil dari percobaan itu boleh dibawa pulang ke rumah. Selama menunggu kelas lain mencoba membungkus teh, kita juga bisa bermain-main disekitar tempat tersebut, karena disana disediakan banyak fasilitas untuk karyawan-karyawannya, termasuk dengan taman bermain anak-anak. Setelah semua sudah mencoba membungkus teh, kita dipersilahkan untuk makan siang di tempat makan perusahan ini. Sebelum pulang, kami juga diberi souvenir berupa teh dari perusahaan tersebut. Kami senang bisa berkunjung dan mendapatkan wawasan lebih dari PT.Gunung Subur Sejahtera. Setelah dari kunjungan industri ini, kami melanjutkan perjalanan untuk studytour ke Bali.


Tidak ada komentar: